Masalah Marketing Ada Tiga..! Baca Pelan Pelan

 on Monday, August 14, 2017  

*MASALAH MARKETING*

*3 Inti Marketing yang Mesti Anda Pecahkan*

Untuk pertama kalinya pasca pemulihan, hari Senin pekan lalu Saya terbang ke kota Malang untuk sharing di acara Kopdar Akbar Yukbisnis 2017. Banyak pelajaran dan ilmu baru yang Saya dapat disana, khususnya ketika ngobrol-ngobrol santai sesama pengusaha dan pebisnis online. Keren lah pokoknya, Alhamdulillah...

Di hari ketiga saat di Malang, selepas ngisi kopdar Jago Jualan bareng kera-kera Ngalam, Saya diundang oleh Mas Nanang untuk makan di Ayam Goreng Nelongso miliknya. Alhasil, selain kepedesan menikmati sambel khasnya, Saya pun mendapatkan insight baru seputar bisnis dan usaha kuliner yang dijalankannya. Gokil abis ceritanya.. Salut! Uenak pula makannya. Cobain deh! 😅 *eh

Namun, bukan itu yang ingin Saya sampaikan pada tulisan kali ini...

Sesaat sebelum pulang dari Ayam Goreng Nelongso, Saya diberi buku oleh salah satu sahabat Saya, Mas Faizal Alfa, yang berjudul *"3D Marketing".*

(Bukunya belum tersedia di BillionaireStore. Entar Saya paksa  dulu orangnya. hehe)

Nah, tadi malam Saya baru sempat membaca bukunya sampai habis. Dan kali ini Saya ingin membagikan secuil pelajaran berharganya dari buku tersebut, yakni tentang *MASALAH MARKETING.*

*Berikut 3 masalahnya:*

*1. Sasaran Tidak Ditentukan
2. Strategi Tidak Ditetapkan
3. Aktivitas Tidak Dijalankan*

Yuk kita bahas satu per satu...

Pertama, *SASARAN TIDAK DITENTUKAN..*

Seringkali saat bertanya pada klien-klien coaching dan peserta kelas Saya, "Kalau boleh tahu, siapa target marketmu?"

Dengan enteng mereka menjawab:

"SEMUA ORANG..."

#Gubrak
#Garuk2Tembok 😓

Seth Godin bilang, "Everybody is not your customer".

Artinya, 'semua orang' bukanlah customermu.

Karenanya, saat membangun bisnis, kita harus menentukan siapa sasaran market idealnya. Siapa yang mesti dibidik...

Ini mirip-mirip pas kita nyari calon istri.

Kalau calonnya sholehah, ya kita gunakan pendekatan yang ramah dan penuh rahmah. Kalau calonnya naudzubillah, ya pendekatannya terserah pakai apa saja lah pokoknya, yang penting nikah. Kan itu goalnya... Begitu kalau kata Mas Faizal 🤣

Di poin ini, Anda harus tahu betul SIAPA yang ingin Anda bidik...

Siapa yang mau disasar?
Siapa yang mau dilayani?
Siapa yang mau diberi pesan?
Siapa yang mau ditawari?
Siapa yang mau digoda?
Siapa yang mau dipengaruhi?
Siapa yang ingin "dinikahi"?

(Jomblo jangan baper. #UdahNikahSana) 😂

Siapa? Iya siapa... 😁

Geografisnya...

Satu dusun? Satu desa? Satu kecamatan? Satu kabupaten? Satu propinsi? Satu negara? Satu benua? Atau segimana? Hehe

Makin spesifik jawabannya, makin enak ngebidiknya. Fokus! Nancleb...

Demografisnya...

Perempuan? Laki-laki? atau Bencong?
Anak-anak? Remaja? atau Dewasa?
Lulusan S1? S2? atau S3 (SD, SMP, SMA)?
Profesi pegawai? Pengusaha? atau Pengangguran? 🙈

Behaviorsnya...

HP-nya merk apa? Apple, Samsung, Oppo, Xiaomi, atau apa?

Laptopnya merk apa? MacBook, Asus, Toshiba, Acer, atau apa?

Internet Browsernya pake apa? Chrome, Firefox, Safari, Internet Explorer, atau apa?

...dan masih banyak lagi

"Kang, kok mumet ya?"

Lha emang!!

Mendingan mumet pusing di awal daripada mumet pusing di akhir (karena sepi order).

Setujuuuu....?? 👌

Kedua, *STRATEGI TIDAK DITETAPKAN.*

Pas udah tahu sasarannya siapa, tugas selanjutnya adalah merumuskan strategi yang ditetapkan.

Ada banyak hal yang mesti Anda pikirkan di bagian ini, mulai dari:

*PRODUK...*

Kualitasnya kaya apa?
Varian produknya gimana?
Ukurannya segimana?
Fiturnya apa aja?
Benefitnya apa aja?
Rasanya enak enggak?
Packagingnya?
Namanya?

*HARGA...*

Mahal atau murah?
Diskon atau bundling?
Harga coret atau asli?

*TEMPAT..*

Retail atau Reseller?
Cabang atau Franchise?
Toko online atau offline?

*PROMOSI...*

Gratis atau Diskon?
Bonus atau Voucher?
Trial / Demo?
Bundling / Package?
Testimoni atau Story?
Up sell atau cross sell?
Payment term atau cash?
Linited offer atau evergreen?

...dan masih banyak lagi elemennya.

Pokoknya, Anda mesti tetapkan strateginya mulai dari dimensi produk, harga, tempat, distribusi, promosi, hingga servicenya itu sendiri.

Makin puyeng?

Baguuuss... Artinya Anda mikir 🤔

Mikir = Tumbuh. Hehe

Ketiga, *AKTIVITAS TIDAK DIJALANKAN.*

Jangan sampai Anda cuma jago merencana tapi lemah melaksana...

Cuma tukang ngimpi tapi gak pernah eksekusi... Ih, jijik! 🙈

Lakukan tindakan menantang!

Bulan ini harus ngapain?
Minggu ini harus ngapain?
Hari ini harus ngapain?
Besok terus gimana?
Apa lagi yang harus dilakuin?
Kalau gak tercapai harus ngapain?

...dan lain-lain.

Ayo mikir... Dan tindaklanjuti dengan EKSEKUSI!

Alhasil, pastikan aktivitas yang dijalankan berjalan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan. Syukur-syukur, melebihi harapan dan mampu mengeksekusinya secara brutal!

Jaga eksekusinya..
Kontrol harian, tagih brutal!

*SEMANGAAAAT WOOOOOYY!!!!*

😤😤😤

Demikian 3 masalah marketing yang mesti Anda pecahkan jikalau Anda mendapati omset penjualan yang cenderung mengalami penurunan...

Ayo cek & ricek...

Udah bener belum sasarannya? Siapa?
Udah keren belum strateginya? Gimana?
Udah komitmen belum eksekusinya?

Hayoo....

Udah ah.
Selamat mengevaluasi 😊

*Dewa*

Masalah Marketing Ada Tiga..! Baca Pelan Pelan 4.5 5 Rafi muhammad Monday, August 14, 2017 *MASALAH MARKETING* *3 Inti Marketing yang Mesti Anda Pecahkan* Untuk pertama kalinya pasca pemulihan, hari Senin pekan lalu Saya terbang ...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.